AC Mengeluarkan Aroma Tidak Sedap? Yuk, Kenali Penyebabnya!



Menggunakan Air Conditioner atau yang biasa disebut AC memang dapat membuat ruangan menjadi nyaman. Terlebih, jika menggunakan AC pk tertinggi yang mana membantu mendinginkan ruangan dengan cepat sehingga kegiatan yang dilakukan setiap hari di dalamnya pun menjadi semakin nyaman tanpa perlu khawatir membuat tubuh berkeringat.

Meskipun demikian, tidak jarang AC yang digunakan malah mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah tersebut adalah mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tahukah Anda, ternyata terdapat beberapa penyebab yang membuat AC berbau? Berikut merupakan penyebnya:

1. Karena debu

Perlu Anda ketahui bahwa AC yang berbau bisa saja diakibatkan karena filter dan evaporator yang mulai kotor dan juga berdebu karena jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan. Debu yang menumpuk di dalam AC ini dapat menghambat embusan udara dan juga tidak baik untuk kesehatan para penghirupnya. Maka dari itu, rajinlah dalam membersihkan AC, di mana untuk bagian filter AC bersihkan seminggu sekali sementara evaporator minimal per tiga bulan sekali agar kesehatan dan kenyamanan selalu terjaga.

2. Terlalu lembap

Penyebab lainnya yang jarang diketahui dan menjadi penyebab AC berbau adalah karena kondisi ruangan yang terlalu lembap. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk rajin memerhatikan ventilasi udara di dalam ruangan guna menghindari supaya AC tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain itu, Anda juga bisa mencegahnya dengan cara mengatur AC dengan tepat untuk menghilangkan kondisi lembap di dalam ruangan tersebut.

3. Pengharum ruangan yang sudah tidak berfungsi

Jika Anda merupakan orang yang menggunakan pengharum ruangan, wajib bagi Anda untuk mengecek kondisi pengharum tersebut secara berkala karena bisa saja pengharum ruangan yang sudah lama tidak diganti dapat menjadi sarang bakteri sehingga bau yang dikeluarkan bukan wangi yang sedap lagi melainkan bau yang tidak enak untuk dihirup. Jangan lupa juga untuk mengecek keadaan sekitar ruangan, bisa saja ada bangkai binatang yang tersembunyi sehingga pewangi ruangan pun tidak dapat menutupinya.

4. Sesuatu terisap oleh blower indoor

Hal lainnya yaitu adanya sesuatu yang asing dihisap oleh blower indoor yang berada di luar ruangan. Maka dari itu, cobalah untuk lebih rajin dalam melakukan pengecekan dan pembersihan secara berkala agar hal ini tidak terjadi dan AC pun tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Nah, demikianlah sederet alasan-alasan mengapa AC yang ada di hunian Anda mengeluarkan aroma yang tidak sedap sehingga dapat mengganggu suasana dan istirahat Anda. Hal terpenting untuk mencegahnya adalah melakukan pengecekan secara berkala dan juga pembersihan yang rutin. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: