Tips Aman Dalam Memilih Genset yang Sesuai

Tips-Aman-Dalam-Memilih-Genset-yang-Sesuai

Genset merupakan alat pengganti yang paling banyak dicari pada saat listrik mati. Jika di rumah, pada saat listrik padam, masih bisa menggunakan lilin atau senter. Sedangkan, jika di rumah sakit, pusat perbelanjaan dan lain-lain, tidak bisa menggunakan lilin. Jalan satu-satunya yaitu menggunakan tenaga genset.

Jika anda ingin memilih genset yang sesuai, simak pernyataan dibawah ini.
  1. Ketahui daya yang Anda butuhkan, misalkan dalam kapasitas berapa watt dengan output daya yang diukur terlebih dahulu. Supaya saat memilih genset, Anda sudah mengetahui daya genset yang akan dibeli, dan lebihkan daya genset Anda dari daya total yang dibutuhkan peralatan. Hal ini dikarenakan untuk berjaga-jaga jika membutuhkan pemasangan alat lain.
  2. Pilihlah jenis genset yang sesuai, seperti generator tipe portable, homestandby generator yang perlu pemasangan permanen, serta generator inverter. Generator tipe inverter serta generator portable menjadi generator yang banyak dipilih. Jenis inverter umumnya suaranya lebih tenang dibanding jenis-jenis generator yang lain. Generator portable, lebih disukai karena biasanya memiliki harga yang cenderung lebih murah dibandingkan yang lainnya. Namun generator portable biasanya menghasilkan gas karbon monoksida yang jauh lebih banyak, sehingga pemakaiannya harus berhati-hati dan hindari ruangan tertutup saat menempatkannya.
  3. Perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan saat membeli genset, seperti fitur start otomatis menyala saat listrik padam, atau tombol start listrik tanpa harus susah-susah menarik mesin. Lalu pertimbangkan juga fitur serta harganya sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Pertimbangkan bahan bakar pada genset. Masing-masing genset biasanya memiliki bahan bakar yang berbeda-beda. Macam-macam bahan bakar genset biasanya adalah propana, bensin, ataupun solar. Pilih genset dengan bahan bakar yang bisa dengan mudah Anda dapatkan, sehingga Anda nanti tidak kerepotan mencari sumber bahan bakar saat perlu menyalakan genset.
  5. Pilih tempat penjualan generator yang terpercaya. Hal ini untuk memastikan kualitas genset yang Anda dapatkan. Saat membelinya secara online, Anda juga bisa melihat komentar-komentar para pembeli lain dan bintang yang diperoleh dari toko tersebut. 
Dengan adanya beberapa tips diatas, agar bisa memilih genset yang aman, Anda bisa membeli genset dengan mempertimbangkan beberapa hal tersebut. Untuk mendapatkan Rental genset murah Anda bisa menghubungi Sewatama untuk informasi yang lebih rinci.

Subscribe to receive free email updates: