Simak Ulasan Lengkap Tentang Coronavirus, Bukan Virus Biasa

Simak-Ulasan-Lengkap-Tentang-Coronavirus-Bukan-Virus-Biasa

Seluruh dunia sekarang ini sedang berperang melawan musuh yang sama yaitu coronavirus. Virus Corona merupakan jenis virus yang menyerang sistem pernafasan dan bisa menyebabkan gejala batuk serta pilek. Virus ini juga bertanggung jawab terhadap wabah Sars dan Mers beberapa tahun lalu meski dengan jenis virus yang berbeda. Saat ini jenis virus corona yang sedang mewabah adalah jenis Covid19 yang ditemukan pertama kali gejalanya di Wuhan China. Virus yang menginfeksi saluran pernafasan dan menyebabkan batuk kering ini ternyata lebih dahsyat dari Mers dan Sars karena dalam waktu satu bulan saja sudah bisa membunuh ribuan orang di Wuhan China.

Dalam waktu kurang lebih 3 bulan, virus Corona telah menginfeksi lebih dari 80.000 jiwa di China dengan total kematian lebih dari 3.000 jiwa. Setelah Wuhan berangsur-angsur membaik, giliran dunia merasakan dampak dari virus Corona. Eropa dan Amerika sekarang ini tengah berjuang melawan virus yang sama dengan total kasus di Amerika hingga saat ini melebihi 122.000 kasus. Bahkan Italia pernah mencatatkan jumlah kematian penderita Covid19 hingga hampir 800 orang dalam satu hari. Peperangan yang sama sedang terjadi di negara-negara lain termasuk Indonesia yang telah mengkonfirmasi kasus pertamanya di awal bulan Maret 2020 lalu.

Belum genap 1 bulan virus ini terdeteksi di Indonesia, ia sudah menginfeksi lebih dari 1.600 jiwa dengan angka kematian yang tinggi yaitu lebih dari 150 orang. Angka ini menunjukkan bahwa virus corona bukanlah virus biasa yang bisa sembuh dengan sendirinya dan tidak beresiko kematian seperti pilek dan batuk pada umumnya. Corona dapat merusak paru-paru bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah hingga menyebabkan pneumonia akut dan kematian mendadak.

Menghadapi virus yang tak biasa ini, pemerintah yang berkoordinasi dengan WHO juga memiliki cara yang tak biasa. Demi memutus rantai penularan, pemerintah meliburkan sekolah, perguruan tinggi, hingga mewajibkan perkantoran tutup untuk bekerja dari rumah saja. Semua itu demi mengurangi kerumunan orang yang berpotensi untuk menularkan covid19. Bagi mereka yang tetap harus bekerja, diusahakan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan tidak melakukan kontak fisik. Gerakan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun juga digiatkan untuk membunuh virus yang tidak sengaja menempel pada tangan saat Anda menyentuh benda-benda yang terkontaminasi.

Meski bukan virus biasa yang bisa menyebabkan kematian, namun virus corona juga bisa disembuhkan. Caranya adalah dengan menguatkan sistem imun tubuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Pasien yang terinfeksi virus Corona pun bisa tidak memiliki gejala sakit jika imun tubuhnya kuat untuk melawan. Namun ia tetap harus diisolasi agar tidak menulari orang lainnya dan tetap mengkonsumsi makanan sehat untuk memperkuat sistem imun.

Saat ini pemerintah Indonesia sedang melakukan rapid tes untuk mengetahui siapa saja orang yang positif coronavirus untuk bisa diisolasi sehingga penyebarannya bisa dicegah. Hingga 1 bulan sejak kasus pertamanya di negeri ini, selain mereka yang meninggal, dari 1.600 kasus telah bermunculan orang-orang yang sembuh dan bisa pulang dari perawatan yang hingga kini tercatat sekitar 100 orang. sisanya masih dalam tahap isolasi serta perawatan di rumah sakit baik RS khusus yang dibuat oleh pemerintah untuk pasien Covid19 maupun rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk oleh kepala daerah.

Subscribe to receive free email updates: