5 Cara Mudah Menjadi Pelopor Kesehatan Keluarga

5-Cara-Mudah-Menjadi-Pelopor-Kesehatan-Keluarga
Foto dari Canva Photos Unlimited
Kondisi kesehatan keluarga merupakan suatu hal yang kompleks, karena kesehatan bukan hanya tubuh tidak terjangkit virus. Kesehatan keluarga sangatlah luas, mulai dari mengoptimalkan peran keluarga untuk saling mengingatkan pola hidup sehat. Dengan menjalankan pola hidup sehat sudah pasti keluarga Anda terhindar dari virus-virus penyebab penyakit. Meskipun pada akhirnya Anda harus mengantisipasi kesehatan keluarga dengan memiliki BPJS kesehatan online untuk berobat ke rumah sakit. 

Cara Mudah Menjadi Pelopor Kesehatan Keluarga 

Untuk menjalani pola hidup sehat memang sebaiknya bersama-sama dengan keluarga agar saling menyemangati. Dalam menjalankan pola hidup sehat ini tidak selalu berkaitan dengan makanan dan minuman sehat, olahraga setiap hari, atau hal-hal yang berkaitan dengan asupan tubuh. 

Masih ada beberapa hal yang seringkali keluarga lewatkan, seperti mengenakan pakaian dengan bahan tertentu untuk menjaga kulit si kecil, mengenakan sepatu yang nyaman, dan lain sebagainya. Nah, cara-cara mudah tersebut akan dijelaskan secara lebih mendalam di bawah ini. 

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Obat-obatan Herbal 

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan mengandung vitamin saja tidak cukup untuk menjaga daya tahan tubuh. Terkadang keluarga Anda membutuhkan suplemen dan vitamin tambahan. Untuk menghindari resiko atau efek samping dari suplemen itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang berasal dari tumbuhan alias herbal. Suplemen herbal ini tidak hanya bermanfaat menjaga daya tahan tubuh, melainkan bisa mencegah dan mengatasi penyakit. 

2. Pakaian Katun untuk Kesehatan Kulit Bayi 

Persoalan kesehatan tidak hanya berbicara di dalam organ tubuh, akan tetapi di luar tubuh juga perlu Anda jaga, khususnya yang berkaitan dengan si kecil. Diketahui bahwa sensitifitas kulit si kecil berbeda dengan orang dewasa. Kondisi demikian sangatlah normal karena kulit si kecil sedang berkembang dan beradaptasi terhadap infeksi. 

Untuk menjaga sensitivitas kulitnya ini, Anda perlu memperhatikan pakaian si kecil. Upayakan memilih pakaian yang berbahan dasar kain katun dengan tekstur lembut, menyerap keringat, dan breathable bagi kulit si kecil. 

3. Pilih Sepatu yang Nyaman agar Kesehatan Kaki selalu Optimal 

Kesehatan kaki juga perlu diperhatikan disamping mengutamakan asupan makanan dan sensitifitas kulit. Dalam memilih sepatu jangan hanya berfokus dengan model dan bentuknya saja. Carilah sepatu yang nyaman, karena sepatu memiliki fungsi ganda, yaitu penunjang penampilan dan penunjang kesehatan kaki. Untuk menjalankan kedua fungsi sepatu, Anda bisa memilih sepatu dengan bahan yang ringan dan lentur, kemudian nyaman diinjak dan alasnya tidak licin. 

4. Menjaga Kesehatan Tulang dengan Gendongan yang Tepat 

Bagi Anda yang punya anak berusia bayi, upayakan selalu berhati-hati saat menggendongnya. Untuk saling menjaga kesehatan tulang antara si kecil dan ibunya, posisi bayi saat digendong harus menghadap ke depan agar Anda bisa melihat ekspresinya, apakah kesakitan atau nyaman. Begitupun dengan tulang sendi ibunya yang perlu dijaga dengan memilih gendongan yang tepat. 

5. Cegah Terganggunya Kesehatan Mental dengan Aromaterapi 

Selain permasalahan kesehatan tubuh, orang dewasa biasanya bermasalah dengan kesehatan mental yang disebabkan stress. Penyebab stress itu sendiri sangatlah beragam, mulai dari rutinitas pekerjaan yang melelahkan, pikiran yang tidak terfokus, dan masih banyak lagi. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda memiliki BPJS kesehatan online atau cegah terganggunya kesehatan mental dengan aromaterapi. 

Demikianlah cara mudah menjadi pelopor kesehatan keluarga. Masih ada cara mudah lainnya yang berkaitan dalam menjaga kesehatan keluarga, yaitu mengajak seluruh anggota mendaftar BPJS kesehatan online untuk melindungi finansial keluarga di masa depan.

Subscribe to receive free email updates: