Hal yang Perlu Diketahui Terkait Inseminasi Buatan agar Berhasil Hamil

Iklan Semua Halaman

Hal yang Perlu Diketahui Terkait Inseminasi Buatan agar Berhasil Hamil

Kamis, 16 Januari 2020
Hal-yang-Perlu-Diketahui-Terkait-Inseminasi-Buatan-agar-Berhasil-Hamil

Kini semakin banyak pasangan suami istri yang menjalani program inseminasi buatan untuk membantu mendapatkan keturunan. Prosedur ini akan mempersingkat waktu tempuh dari sel sperma untuk mencapai sel telur di tuba falopi sehingga meningkatkan peluang terjadinya pembuahan. Selain itu, penempatan sel sperma secara buatan ini akan menghilangkan penghalang yang menyebabkan pembuahan sulit terjadi. 

Fakta Terkait Inseminasi Buatan untuk Kehamilan 

Inseminasi buatan dilakukan dengan menempatkan sel sperma di salah satu bagian dari organ reproduksi wanita untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan. Berikut ini adalah hal yang perlu Anda ketahui terkait inseminasi buatan: 

1. Inseminasi Buatan Dilakukan saat Ovulasi 

Inseminasi buatan dijalankan saat seorang wanita telah mencapai masa ovulasi atau masa subur. Untuk mengetahui kapan terjadinya ovulasi, dokter akan mengecek kondisi si wanita dengan melakukan pemeriksaan USG transvaginal maupun mengecek kondisi urine dengan melihat kandungan hormon LH. 

2. Prosedur Pelaksanaan Inseminasi Buatan 

Untuk melaksanakan inseminasi buatan dilakukan dengan cara membaringkan pasien kemudian memasukkan alat spekulum untuk melebarkan organ vagina. Selanjutnya untuk memasukkan sel sperma dilakukan menggunakan kateter dengan sel sperma di dalamnya. Sel sperma ini kemudian didorong memasuki pintu rahim hingga ke dalam rahim. Saat sperma sudah masuk di dalam rahim maka prosedur dianggap telah selesai. 

3. Tidak Ada Rasa Sakit 

Wanita yang baru saja menjalani prosedur inseminasi buatan tidak akan merasakan rasa sakit. Umumnya mereka hanya merasakan rasa kram yang sesaat. Tindakan ini juga hanya memakan waktu cukup sebentar yaitu hanya 10 menit saja setiap prosesnya. 

Ada banyak masalah terkait kesuburan yang mungkin dialami baik oleh wanita maupun pria yang ingin mendapatkan keturunan. Masalah tersebut membuat mereka harus mengikuti program fertilitas seperti bayi tabung. 

Untuk mendapatkan klinik dengan prosedur bayi tabung terpercaya di Indonesia tentu tidaklah mudah mengingat teknologi ini belum terlalu canggih di Indonesia. Namun masalah tersebut sudah teratasi berkat kehadiran Klinik Bocah Indonesia dari Rumah Sakit Awal Bros Tangerang. Semua prosedur terkait bayi tabung akan dilaksanakan oleh tenaga ahli terpercaya dan berkualitas.