Tips Cara Mencuci Mesin Mobil yang Benar

Iklan Semua Halaman

Tips Cara Mencuci Mesin Mobil yang Benar

Kamis, 31 Oktober 2019

Walau ada di ruang tertutup, debu-debu halus masih dapat masuk lewat sela kecil ke ruang mesin. Bila dibiarkan, debu akan menumpuk, hingga mesin tidak enak dilihat sebab kotor. 

Diluar itu, efek kotoran pada ruang mesin nyatanya dapat membuat kapasitas mesin tidak maksimal, serta rawan mengakibatkan kerusakan elemen kelistrikan. 

Meskipun begitu, bersihkan mesin mobil tidak dapat dikerjakan asal-asalan. Pemilik kendaraan harus memahami sebab terdapatnya beberapa elemen kelistrikan yang rawan korslet, seperti sekring, pin sambungan kabel serta ECU. 

Hal pertama yang perlu dikerjakan adalah cari area kelistrikan dalam mobil yang rawan mengakibatkan konslet bila terserang air. 

Area itu harus diatasi dengan dibungkus memakai plastik. Supaya aman, rekatkan lakban atau isolasi. 

Pakai air bertekanan rendah untuk hilangkan debu yang melekat dibagian luar mesin, serta antara yang susah dicapai. 

Semprotkan cairan engine degreaser untuk merontokkan kotoran membandel. Anda dapat sedikit menyikat permukaan mesin dengan perlahan-lahan dengan sikat halus. 

Untuk sisi sela kecil, dapat memakai sikat gigi yang tidak terpakai, lalu basuh dengan menyemprot memakai air bersih untuk hilangkan sisa-sisa kotorannya serta mencuci sisa sabun yang masih melekat di seputar mesin. 

Bila mempunyai kompresor angin, pakai untuk bersihkan sisa-sisa air yang terjerat di celah-celah sempit mesin. Untuk menghindarkan munculnya kerak alias water spot, diamkan mobil sepanjang 2-3 jam (dalam tempat kap mesin terbuka). 

Bebaskan kembali pembungkus plastik yang dipakai untuk tutup elemen kelistrikan mesin. Semestinya proses pencucian dikerjakan di ruangan terbuka yang tidak terkena cahaya matahari dengan cara langsung. 

Sesudah kering prima, nyalakan mesin mobil sekalian memeriksa semua elemen yang terkait dengan skema kelistrikan.