Penyebab Ibu Hamil Sering Mengalami Hidung Tersumbat

Iklan Semua Halaman

Penyebab Ibu Hamil Sering Mengalami Hidung Tersumbat

Rabu, 20 November 2019

Rhinitis pada ibu hamil biasanya berlangsung sebab terdapatnya pergantian hormon. Salah satunya hormon yang alami penambahan yakni hormon esterogen. Tingginya hormon esterogen ini selanjutnya mengakibatkan dinding aliran pernafasan membengkak serta menyebabkan produksi lendir makin banyak. 

Diluar itu, perputaran saluran darah bertambah sepanjang kehamilan, terhitung pada pembuluh darah hidung. Keadaan ini membuat ibu hamil bertambah gampang alami hidung terhalang. 

Rhinitis pada saat kehamilan bisa berjalan seputar enam minggu atau lebih. Keadaan ini bisa berlangsung pada umur kehamilan berapapun, walau biasanya berlangsung pada trimester pertama serta ke-3. 

Rhinitis yang dirasakan ibu hamil ini biasanya bukan dikarenakan oleh reaksi alergi, serta akan hilang dengan sendirinya dua minggu sesudah melahirkan. Bila Bumil alami tanda-tanda rhinitis dibarengi dengan gatal pada mata, hidung, tenggorokan atau telinga, karena itu peluang Bumil alami alergi pada saat yang bertepatan. 

Rhinitis pada ibu hamil sebetulnya termasuk umum, tetapi bisa beresiko memunculkan masalah kesehatan ibu serta bayi. Khususnya jika telah mengganggu tidur ibu hamil. 

Bila terus-terusan berlangsung, keadaan ini bisa mengganggu peluang bayi untuk memperoleh oksigen yang diperlukan untuk perubahannya dalam kandungan. Oleh karenanya, Bumil disarankan untuk mengonsultasikannya pada dokter.