Ngaku Gamer Sejati, Ketahui Jenis dan Fungsi VGA Card Berikut Ini

Iklan Semua Halaman

Ngaku Gamer Sejati, Ketahui Jenis dan Fungsi VGA Card Berikut Ini

Senin, 18 November 2019
Ngaku-Gamer-Sejati-Ketahui-Jenis-dan-Fungsi-VGA-Card-Berikut-Ini

Para pecinta game pasti sudah tidak asing dengan kegunaan VGA card yang menjadi item wajib. Ya, Video/Display Card memiliki fungsi untuk mengolah dan menerjemahkan output komputer ke layar monitor yang biasa dibenamkan langsung ke PC untuk aktifitas multitasking. Namun, bagi para gamers dan desain grafis yang membutuhkan grafis mumpuni, wajib menggunakan benda yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. 

Mengenal jenis-jenis VGA Card 

Kalau Anda memang tertarik menggunakan VGA Card, sebaiknya mengetahui berbagai jenis benda mungil yang memiliki fungsi penting di pasaran berikut ini. 

1. VGA Card on Board 

Para pecinta gaming dan desainer grafis pasti tidak akan menggunakan jenis satu ini. Pasalnya, fitur yang dimiliki sangat standar dan tidak terlalu unggul di bidang grafis. Laptop atau PC yang memiliki spesifikasi standar hanya cocok digunakan untuk mengerjakan multitasking seperti Microsoft Office. 

2. VGA Card 

Kartu grafis yang terpisah dari PC atau laptop ini memiliki keunggulan tersendiri sehingga banyak digunakan para gamer dan pekerja grafis. Kalau Anda memang tertarik membeli jenis kartu grafis ini, sebaiknya ketahui ragam VGA Card berdasarkan kapasitas memori sebagai berikut. 

  • Dynamic Ram (DRAM) 
DRAM merupakan kartu grafis yang banyak digunakan untuk PC yang memiliki spesifikasi umum atau tidak begitu mementingkan kecepatan biasanya 80ns/70ns dan pilihan warna. Jenis DRAM banyak ditanamkan pada kartu grafik 8 bit, 16 bit dan 32 bit. 

  • EDO RAM 
EDO RAM merupakan jenis kartu grafis yang digunakan untuk komputer dengan kartu grafik 64bit dengan kecepatan 60ns-35ns. EDO RAM banyak ditanamkan di winfast s280/2600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach64, dan masih banyak yang lain. 

  • SGRAM (VRAM) 
VRAM merupakan pilihan kartu grafis tinggi yang cocok untuk pecinta game level atas. Dengan kecepatan 10 ns, Ana bisa memainkan game lebih baik atau bisa membuat desain grafis yang maksimal. VRAM bisa Anda temukan pada Matrox Mega Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, dan lain-lain. 

  • Rambus 
Anda bisa menemukan jenis kartu grafis berdasarkan kapasitas memori satu ini pada Graphic Blaster 3D atau Graphic Blaster xXtreme. Rambus digunakan untuk mendukung kenyamanan Anda dalam bermain game Nintendo dan Sega. 

Beberapa jenis kartu grafis di atas wajib Anda ketahui agar tidak salah pilih VGA Card yang sesuai dengan kebutuhan atau spesifikasi PC. Bagi gamers, PC atau laptop yang didukung oleh kartu grafis berkualitas bisa memberikan kenyamanan bermain game tanpa kendala. 

Fungsi atau kegunaan VGA Card 

VGA Card tak sekedar memberikan kenyamanan bermain game tanpa gangguan, tetapi kapasitas kartu grafis yang berkualitas bisa memaksimalkan fungsi atau kegunaan berikut ini. 
  1. Menampilkan layar yang lebih jernih dan tajam 
  2. Membantu mengerjakan tugas desain grafis dan desain 3D lebih baik 
  3. Bisa menyambungkan laptop ke layar televisi menggunakan kabel HDMI untuk kualitas gambar terbaik 
  4. Sangat direkomendasikan untuk pecinta film yang ingin mendapatkan detail gambar sempurna 

Menggunakan kartu grafis berkapasitas tinggi bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin menyaksikan film animasi di layar televisi. Tak harus pergi ke bioskop pun, Anda tetap bisa menikmati tampilan visual dengan maksimal. VGA Card sangat membantu orang-orang yang mencari uang di bidang desain grafis. Sudah sepatutnya Anda mempertimbangkan penggunaan kartu grafis terbaik untuk hasil pengerjaan desain yang lebih keren, ya?