Mobil yang Lama Tidak di Gunakan Bukan Berarti Tidak Bakal Rusak

Iklan Semua Halaman

Mobil yang Lama Tidak di Gunakan Bukan Berarti Tidak Bakal Rusak

Kamis, 17 Oktober 2019

Kemacetan yang mengagumkan di kota besar, seperti Jakarta, membuat pemilik mobil malas memakai kendaraan. Serta, waktu akhir minggu, beberapa pemilik kendaraan lebih pilih memakai sepeda motor, atau memakai angkutan online yang lebih praktis. 

Dengan demikian, banyak mobil yang cuma didiamkan di garasi, serta sampai beberapa bulan. Tetapi, mobil yang jarang-jarang dipakai bukan bermakna sehat-sehat saja. Serta, bila mobil cuma didiamkan saja, akan punya potensi alami kehancuran. 

Supaya mobil yang jarang-jarang dipakai masih sehat ataukah tidak alami kehancuran, khususnya aki lemah, ban peyang, atau permasalahan yang lain, nyalakan serta jalankalah mobil tiap dua atau tiga minggu sekali. Memang, bisa mobil didiamkan di garasi rumah sampai beberapa waktu tanpa ada permasalahan. Tetapi ingat, kehancuran punya potensi berlangsung setiap saat. 

Oleh karena itu, upayakan untuk jalankan mobil sekian waktu dalam setiap bulan sejauh seputar 15 km dengan kecepatan seputar 80 km/jam. Langkah berikut bukan hanya untuk memanaskan mesin, tetapi dapat juga jadi seperti ‘olahraga’ agar keadaan mobil, terutamanya mesinnya masih fresh bugar. 

Hidupkan mesin langsam sepanjang 10 menit memang cukup untuk memanaskan mesin sampai suhu optimal, tetapi itu sebetulnya belum cukup untuk jaga perform transmisi, suspensi, rem, climate sistem (terhitung air conditioner), power steering serta semua oli serta cairan yang ada di mesin mobil. 

Diluar itu, dengan jalankan mobil satu waktu dengan jarak menempuh seputar 15 km pada kecepatan 80 km/jam dapat juga menghangatkan elemen yang telah lama ‘tidur’ sebab dari jarang-jarang dioperasikan. 

Begitu Lama Parkir di Garasi Menyebabkan Berkurangnya Daya Aki 

Satu keluhan yang terbanyak ada sebab mobil kelamaan parkir di garasi ialah berkurangnya daya aki. Untuk dapat isi kembali daya listrik yang hilang, tidak cukup dengan hidupkan mesin beberapa waktu, tetapi mobil harus juga digerakkan cukup jauh dalam tempo yang lumayan lama. 

Jadi, tidak dapat cuma satu atau dua hari mobil digerakkan untuk isi daya aki. Minimum sepanjang satu minggu penuh mobil harus tiap hari digerakkan, serta sesudahnya dapat disimpan di garasi. 

Bila mobil diparkir di garasi sepanjang satu bulan atau serta lebih tanpa ada pernah dihidupkan, daya aki bisa banyak terkuras. Sebab meskipun piranti elektronik tidak dinyalakan, skema yang lain seperti immobilizer, alarm serta yang lain tetap aktif. Perihal ini pula yang akan kuras daya aki.