Mendeteksi Kerusakan AC dan Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Iklan Semua Halaman

Mendeteksi Kerusakan AC dan Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Kamis, 26 September 2019

AC adalah komponen yang sangat penting bagi mobil. Tanpa AC, Anda akan kepanasan di dalam mobil. Tanpa AC pula suhu udara akan meningkat dan pengap. Namun seringkali AC mengalami penurunan fungsi sehingga udara menjadi panas. Banyak hal yang membuat AC mobil tidak dingin. Salah satu penyebabnya adalah tumpukan debu dan kotoran. Maka untuk pencegahan kerusakan mobil, Anda harus membersihkannya secara rutin. 

Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin 

Namun jika secara mendadak AC menjadi panas atau tidak dingin, Anda dapat memperbaikinya dengan menggunakan beberapa cara. Anda dapat mencoba sendiri terlebih dahulu. Jika masih tidak ada perubahan, Anda dapat membawanya ke tempat service untuk AC mobil. Apa saja cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki AC mobil yang tidak dingin? 

Komponen AC Mobil 

Sebelum masuk pada proses memperbaiki AC yang menjadi tidak dingin, alangkah baiknya kita mengetahui jenis-jenis komponennya. 
  • Freon : untuk menghilangkan hawa panas dan membuat udara dingin. 
  • Kondensor : untuk alat yang mengubah bentuk freon dari yang semula gas menjadi cair dan menghilangkan hawa panas yang ada pada mobil. 
  • Kompresor : Mengkompres dan membuat zat pendingin di dalam sistem AC bersirkulasi dengan baik. 
  • Evaporator : Bagian ini disebut juga sebagai kondensator yang mendinginkan udara yang melewatinya. Udara panas yang dari kompresor akan diubah menjadi dingin. 
  • Receiver : Bagian ini berfungsi sebagai filter freon / oli, sehingga dapat membuat kelembaban dan kotoran hilang dari sistem AC 
  • Katup expansi : berfungsi menurunkan tekanan cairan freon, mengukur aliran dan mengatomisasinya 

Cara Mendeteksi Kerusakan AC Mobil 

Cara ini dapat Anda lakukan sendiri ya. Namun jika bingung, Anda dapat langsung mendatangi service AC mobil terdekat untuk di service. 

1. Mendeteksi kebocoran freon 

Sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui apakah terjadi kebocoran atau tidak pada Freon. Kebocoran sedikit saja sebenarnya sudah langsung terasa karena Freon yang berfungsi memberikan udara dingin telah bocor. Jika pada Freon Anda ditambahkan air berwarna akan sangat mudah untuk mendeteksi kebocoran. Tinggal melihat apakah ada cairan berwarna yang menetes. 

Atau Anda dapat juga mengecek tekanan pada pentil bagian bawah. Jika ada gas yang keluar, maka dapat dipastikan ada kebocoran pada pipa atau sambungan Freon. Jangan menggunakan alat-alat tajam untuk mengecek udara pada Freon. 

2. Pastikan kompresor berputar 

Jika Anda ingin mengetahui penyebab mengapa AC menjadi tidak dingin, kemungkinan besar salahnya terletak pada kompresor. Anda dapat mengecek kompresor pada bagian bawah kap mesin. Terdapat dua katup berbentuk pentil sepeda. Bagian depannya disebut Puli di dan sambungan bagian dalam akan berputar saat AC dinyalakan. Jika menyala dengan baik, maka kerusakan bukan pada kompresor. 

Jika AC dan blower menyala, tapi bagian puli tidak berputar artinya kompresor tersebut tidak dapat berputar atau digunakan. Penyebabnya banyak mulai dari switch AC yang rusak, sekring yang putus, perkabelan, atau kekurangan Freon. Pada umumnya sistem AC akan memutuskan arus. Jika freon tidak cukup atau bahkan habis. 

3. Lihat bagian lainnya yang memungkinkan 

Biasanya masalah lain selain yang disebutkan diatas, yang mungkin terjadi pada AC adalah kabel putus, saklar yang rusak, sekring putus, kerusakan seal pada kompresor sampai fanbelt putus (mengakibatkan kompresor tidak berputar). Jadi ceklah sistem AC secara keseluruhan. 

4. Mendeteksi udara dingin 

Anda dapat mendeteksi kerusakannya jika ada udara dingin. Kerusakan atau tidak dinginnya AC, mungkin ini disebabkan hanya karena tekanan yang kurang. Jika hal ini terjadi, Anda dapat menambahkan freon. Banyak toko suku cadang menyediakan freon beserta petunjuk pengisiannya. Isilah Freon sesuai kebutuhan. Jangan lebih dan jangan kurang. 

Demikian beberapa cara untuk mengecek sendiri apakah penyebab AC mobil tidak dingin. Setelah mengetahui biangnya dimana, Anda dapat membersihkan kotorannya ataupun melakukan service lanjutan di bengkel.