Beberapa Penyebab Suara Anda Hilang

Iklan Semua Halaman

Beberapa Penyebab Suara Anda Hilang

Minggu, 15 September 2019

Sudah pernahkah saat Anda buka mulut untuk keluarkan suara yang ada hanya bisikan serta bibir yang bergerak saja? Anda mungkin bingung apa sebagai pemicu suara Anda mendadak hilang demikian saja. Agar memperoleh perlakuan yang pas, ketahui dulu apa sebagai dalang dibalik hilangnya suara Anda. 

Beberapa pemicu suara hilang 

Suara yang mendadak hilang atau cuma bisa keluarkan bisikan perlahan adalah keadaan yang cukup umum berlangsung. Keadaan ini dikarenakan oleh masalah pada getaran pita suara Anda, seperti terdapatnya peradangan serta pembengkakan. 

Hal itu mengakibatkan satu atau ke-2 pita suara Anda melemah sampai tidak bisa dipakai benar-benar, hingga membuat suara Anda hilang. Sebetulnya, banyak yang bisa menyebabkan berlangsungnya keadaan ini, salah satunya: 

1. Pilek 

Seperti yang diambil dari Cleveland Clinic, pilek salah satu pemicu umum kenapa suara Anda dapat hilang. 

Saat bicara, udara yang masuk melalui kotak suara di tenggorokan akan sentuh pita suara hingga bergetar serta memunculkan bernada. Bila Anda terserang pilek, pita suara kadang akan alami peradangan. 

Keadaan itu membuat pita suara Anda membengkak serta merubah getaran ke-2 pita itu. Mengakibatkan, suara Anda serak serta tidak ada benar-benar. 

2. Memakai suara terlalu berlebih 

Memakai suara Anda sampai melebihi batas juga bisa mmenjadi pemicu suara Anda hilang. Bila Anda memakai potensi pita suara terlalu berlebih, seperti berteriak untuk memberi dukungan team kecintaan Anda yang berlaga, ke-2 pita suara itu pada akhirnya kecapekan serta terluka. 

Karena itu itu, upayakan untuk menghindarkan beberapa hal berikut ini untuk memperhatikan kesehatan pita suara Anda. 

Bicara, menyanyi, atau batuk sering serta begitu kencang 
Terus-terusan bicara sesudah menyanyi atau teriak-teriak 

3. Merokok 

Merokok ialah rutinitas yang berefek jelek buat badan, terhitung kesehatan pita suara Anda untuk periode waktu yang lama. 

Jika Anda seseorang perokok, hati-hatilah sebab asap rokok yang Anda hirup akan masuk ke tenggorokan serta bisa mengiritasi pita suara. Diluar itu, pita suara Anda pun beresiko ditumbuhi oleh tonjolan bertangkai kecil non-kanker, yakni polip. 

Polip yang tumbuh di pita suara Anda itu yang bisa jadi satu diantara pemicu suara Anda hilang dengan setahap. 

4. Penyakit GERD 

Penyakit GERD ialah satu keadaan saat asam lambung Anda kembali naik ke kerongkongan. Tidak hanya memunculkan rasa terbakar pada dada Anda, GERD dapat hilangkan suara Anda saat akan bicara. 

Keadaan ini dikarenakan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan nyatanya bisa mengiritasi pangkal tenggorokan Anda (laring). Bila laring Anda terserang iritasi, pita suara Anda akan alami pembengkakan yang menyebabkan suara serak sampai hilang. 

5. Laringitis 

Laringitis ialah satu keadaan saat pita suara Anda meradang. Tidak hanya bahan kimia yang bisa mengiritasi tenggorokan serta pita suara, laringitis dapat berlangsung jika ada infeksi, seperti infeksi jamur pada pita suara Anda. 

Ini dapat berlangsung bila Anda memakai inhaler (kortikosteroid) untuk menangani asma atau memang ada permasalahan pada skema imun Anda. Mengakibatkan, badan susah untuk menantang serangan infeksi jamur yang membuat pita suara Anda rusak serta membengkak. 

Pemicu suara hilang biasanya tergantung dengan pola hidup Anda. Dari mulai merokok, mengonsumsi makanan yang membuat asam lambung naik, sampai memakai suara yang terlalu berlebih. 

Untuk mengawasinya masih baik, upayakanlah tidak untuk berteriak-teriak terlalu berlebih. Bila Anda telah mengerjakannya serta suara Anda tidak segera kembali sepanjang 2 minggu, selekasnya tanyakan dengan dokter Anda.