Manisnya Sama, Tetapi Kandungan Nutrisi Air Tebu Beda dengan Air Gula

Iklan Semua Halaman

Manisnya Sama, Tetapi Kandungan Nutrisi Air Tebu Beda dengan Air Gula

Minggu, 18 Agustus 2019

Tidak hanya jadi bahan baku gula pasir, tanaman tebu sering diproses jadi air tebu yang populer dengan rasa manisnya. Tetapi, tahukah Anda? Walau berasal berbahan yang sama, kandungan nutrisi air tebu serta air gula biasa nyatanya berlainan. 

Beda kandungan nutrisi air tebu serta air gula 

Air tebu adalah olahan alami yang masih memiliki kandungan nutrisi asli dari tanaman tebu. Itu penyebabnya, nutrisi air tebu jadi lebih beragam dibanding air gula biasa. 

Air tebu mempunyai rasa manis ciri khas yang beri kesegaran. Meskipun begitu, nutrisi yang ada pada air tebu bukan sekedar terdiri atas gula serta karbohidrat. Ada kandungan gizi lain yang ada pada air tebu, yakni: 

1. Kandungan karbohidrat serta indeks glikemik 

Gula pasir serta air tebu mempunyai kandungan karbohidrat yang berlainan. Gula pasir terdiri atas sukrosa, sesaat air tebu terdiri atas glukosa serta fruktosa. Ketidaksamaan ini punya pengaruh pada indeks glikemik kedua-duanya. 

Indeks glikemik ialah ukuran untuk tunjukkan sebegitu cepat karbohidrat pada makanan dirubah jadi gula darah. Makin tinggi nilai glikemik satu makanan, makin besar pengaruhnya pada kandungan insulin serta gula darah. 

Rasio indeks glikemik sekitar di antara 0-100. Gula pasir mempunyai indeks glikemik sebesar 68, sedang air tebu mempunyai indeks glikemik sebesar 43. Nilai ini termasuk rendah hingga relatif lebih sehatkan. 

2. Gula serta kalori 

Satu gelas air tebu sekitar 240 mL memiliki kandungan 180 kalori serta 30 gr gula. Selain itu, satu sendok gula pasir terdiri atas 50 kalori serta 13 gr gula. Air tebu memang lebih alami, tetapi Anda perlu tetap memperhatikan jumlahnya yang dikonsumsi. 

Departemen Kesehatan RI memberi referensi batas aman mengonsumsi gula harian sebesar 50 gr atau sama dengan 4 sendok makan. Lebih dari itu, Anda beresiko alami obesitas, permasalahan gula darah, sampai penyakit jantung. 

3. Anti-oksidan 

Air tebu mempunyai kandungan anti-oksidan yang disebutkan polifenol. Senyawa ini berguna membuat perlindungan sel badan dari kehancuran karena radikal bebas atau toksin yang datang dari lingkungan. 

Walau terbuat dari tebu, kenyataannya gula tidak mempunyai kandungan anti-oksidan. Gula cuma memiliki kandungan glukosa. 

Polifenol mempunyai peranan jadi antiviral, antialergi, serta antiperadangan. Untuk mendapatkan faedahnya, pilih air tebu alami yang dibikin langsung dari batang tebu. 

Semestinya, Anda menghindarkan air tebu yang sudah dikemas sebab proses pemrosesan bisa mengakibatkan kerusakan polifenol. 

4. Mineral dan vitamin 

Air tebu sebetulnya tidak terhitung dalam jejeran makanan kaya mineral dan vitamin. Tetapi, minuman ini mempunyai beberapa faktor mineral meskipun cuma dalam jumlahnya kecil. 

Sebelum diproses, batang tebu memiliki kandungan 187 miligram kalsium, 56 miligram fosfor, 4,8 miligram zat besi, 757 miligram kalium, serta 97 miligram natrium. 

Banyaknya memang dikit, tetapi lebih baik dibanding air gula yang tidak memiliki kandungan mineral apapun. 

Air tebu nyatanya bukan sebatas air gula, tetapi minuman kaya kandungan nutrisi. Minuman ini mempunyai indeks glikemik yang rendah serta memiliki kandungan dikit kalori hingga aman dikonsumsi oleh pasien diabetes. 

Jadi, tidak ada kelirunya mengikutkan air tebu jadi macam minuman. Pilih batang tebu berkualitas baik dan mempunyai permukaan mulus tanpa ada kotoran.