Cara Mengusir Tikus Cepat dan Praktis Tanpa Bahan Kimia

Iklan Semua Halaman

Cara Mengusir Tikus Cepat dan Praktis Tanpa Bahan Kimia

Sabtu, 24 Agustus 2019
Cara-Mengusir-Tikus-Cepat-dan-Praktis-Tanpa-Bahan-Kimia

Tikus adalah salah satu hewan dengan populasi berlimpah yang sangat mengganggu. Tikus adalah hewan pengerat yang sering menyebabkan kerusakan pada peralatan rumah. Selain itu, tikus juga sering mengambil makanan atau bahan makanan yang ada di dapur. Tikus adalah hewan jorok dan membawa banyak virus penyebab penyakit. Hal inilah yang menjadi alasan terbesar bagi pemilik rumah untuk mencari cara mengusir tikus

Seringkali pemilik rumah menggunakan racun tikus supaya tikus-tikus yang berkeliaran mati. Namun hal ini bukan tanpa resiko. Racun yang dimakan oleh tikus dapat menyebar kepada makhluk yang lain bahkan manusia. Jika kamu punya kucing kamu perlu waspada dan jangan sampai kucing kesayanganmu memakan tikus yang telah terkontaminasi racun tikus. 

Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami 

Disamping menggunakan senyawa kimia, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membasmi tikus-tikus yang ada di rumah. Kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami yang ditakuti atau dijauhi oleh tikus. Beberapa cara berikut ini dapat kamu terapkan untuk mengusir jauh-jauh tikus dari rumahmu : 

1. Bawang Merah 

Salah satu bahan yang dapat kamu gunakan untuk mengusir tikus adalah bawang merah. Aromanya yang menyengat mengaburkan penciuman tikus. Sehingga tikus akan menghindari bahan tersebut sebisa mungkin. Jika pada kita saja bawang merah menyebabkan mata perih, apalagi kepada tikus. Taruhlah irisan bawang merah pada sudut ruangan atau tempat yang ingin kamu lindungi dari serangan tikus. 

2. Semprotan Daun Mint 

Jika kamu ingin mengusir tikus dengan aroma yang segar, kamu dapat membuat semprotan dengan daun mint. Kamu hanya perlu beberapa daun mint, kemudian blender dengan tambahan air. Semprotan daun mint anti tikus siap kamu gunakan. Semprotkan ke bagian yang biasa menarik tikus ya seperti dapur, gudang, tempat menyimpan makanan dan lain sebagainya. 

3. Kulit Durian 

Buat kamu yang menyukai durian, jangan langsung membuang kulitnya ya. Kamu bisa menyimpan kulitnya sebagai cara mengusir tikus yang ampuh. Ternyata bau menyengat yang ada pada kulit durian tidak disukai oleh tikus. Dimana tempat yang sering dilewati oleh tikus, maka disitu kamu harus meletakkannya. 

4. Kantung Teh 

Kantung teh yang biasanya tidak dapat dimanfaatkan sebenarnya adalah bahan yang ampuh untuk mengusir tikus. Pasalnya penciuman tikus akan terganggu bahkan hidung tikus akan mengalami iritasi saat terkena kantung teh. Kandungan peppermint dalam kantung teh itulah yang akan membuatnya memilih menghindar dan tidak akan kembali lagi. 

Cara yang dapat kamu lakukan untuk menggunakan kantung teh cukup mudah. Tinggal kamu letakan kantung teh terutama yang masih lembab di tempat biasanya kamu menemui tikus lewat. 

5. Taburan lada hitam 

Sama seperti bawang merah, taburan lada hitam juga memiliki bau yang menyengat. Hal ini yang membuat tikus menghindari lada hitam. Taburkan lada hitam bubuk untuk menghadang jalannya tikus. 

6. Cangkang Telur 

Bagian dari telur yang biasanya dibuang ini ternyata dapat digunakan sebagai jebakan tikus. Bukan hanya tikus, cangkang telur dapat mengusir semut dan kecoa. Cara membuatnya sangat mudah. Cukup kamu tumbuk cangkang yang sudah kering. Kemudian taburkan hasil tumbukannya yang sudah menjadi bubuk. 

7. Bubuk Kopi 

Semua bahan yang menyengat dapat mengusir tikus. Begitu pula bubuk kopi. Sama dengan bahan- bahan sebelumnya yang memiliki aroma menyengat, bubuk kopi walaupun aromanya segar bagi manusia tapi menyengat dan mengganggu bagi tikus. 

Demikian beberapa bahan alami sebagai cara mengusir tikus. Beberapa bahan tersebut mudah untuk dijumpai di sekeliling kita. Letakkan bahan-bahan tersebut di malam hari dan lihatlah perubahan tikus yang berkeliaran di rumah kamu beberapa hari kemudian. Tentu populasinya akan berkurang drastis.