Penyebab Mendadak Gagal Bersin

Iklan Semua Halaman

Penyebab Mendadak Gagal Bersin

Jumat, 26 Juli 2019

Sebelum bersin, Anda akan rasakan sensasi gatal menggelitik pada hidung. Untuk melegakannya, Anda akan bersin. Tetapi, sudah pernahkah Anda rasakan seringkali tidak berhasil bersin walau sebenarnya hidung sangatlah gatal? Kurang lebih, apa sebabnya satu orang tidak jadi bersin? 

Pemicu Anda mendadak tidak jadi bersin 

Bersin memang mengganggu, khususnya bila berlangsung berkali-kali. Ini berlangsung sebab saraf memberitahu otak untuk keluarkan suatu yang mengganggu hidung serta tenggorokan. 

Umumnya, bersin dikarenakan oleh keadaan hidung gatal. Ini dapat dipacu oleh beberapa hal, seperti permasalahan pernafasan, hirup debu, atau rempah-rempah tersendiri. Sesudah bersin, umumnya hidung Anda akan bertambah lega. 

Tetapi, tidak semua hidung gatal akan selesai dengan bersin. Justru mungkin saja, Anda tidak jadi bersin benar-benar. 

Kurang lebih, apa yang mengakibatkan Anda tidak berhasil bersin? 

1. Anda menjepit hidung 

Seperti dikutip dari situs Situs MD, Neil Kao, MD, seseorang spesialis alergi serta asma mengatakan satu diantara hal yang dapat membuat Anda tidak berhasil bersin ialah menjepit hidung. 

Menurut dia, coba bernapas lewat mulut serta menjepit ujung hidung dengan tangan saat ingin bersin, bisa hentikan bersin. 

Aksi disengaja itu peluang bisa kurangi kegiatan saraf yang bekerja mengirim perintah pada otak untuk bersin. 

Walau terkadang sukses hentikan bersin, aksi ini tidak dianjurkan oleh beberapa pakar medis. 

Masalahnya meredam bersin dengan menggenggam hidung serta tutup mulut bisa mematahkan tenggorokan sisi belakang. 

Keadaan ini bisa mengakibatkan satu orang tidak dapat bicara atau menelan, serta Anda akan meredam sakit yang mengagumkan. 

Diluar itu, meredam bersin lewat cara itu dapat juga mengakibatkan komplikasi beresiko. 

Dari mulai pneumomediastinum (terperangkapnya udara di wilayah mediastinum), perforasi membran timpani (gendang telinga berlubang), serta pecahnya aneurisma otak (membengkaknya pembuluh darah di otak). 

2. Anda mungkin alami permasalahan THT 

Tidak hanya di stop dengan menyengaja, tidak jadi bersin nyatanya jadi tanda-tanda dari permasalahan THT (telinga, hidung, serta tenggorokan). Dari mulai flu, infeksi telinga, sinusitis, rhinitis alergi, serta sakit tenggorokan. 

Semua keadaan itu dapat menyebabkan hidung gatal yang dapat membuat Anda bersin atau sekedar hanya sensasi hidung gatal berair saja tanpa ada bersin. Langkah aman untuk menurunkan hidung gatal serta bersin 

Terjerat dengan keadaan hidung gatal serta tidak berhasil bersin, tentu membuat Anda terusik. Tetapi, meredam bersin bukan hal yang baik. 

Jadi, harus bagaimana? 

Agar terlepas dari hidung gatal serta terus bersin, Anda dapat ikuti beberapa panduan aman di bawah ini. 

1. Minum banyak air putih 

Minum banyak air putih bisa melembapkan kembali keadaan hidung yang kering sebab infeksi. Dengan demikian, tanda-tanda hidung gatal yang membuat Anda tidak berhasil bersin akan berkurang. 

Tidak hanya air putih, Anda dapat membuat teh hangat dengan seiris lemon. Uap hangat dari minuman ini dapat menolong bersihkan sinus serta melegakan pernafasan. 

2. Jauhi penyebab 

Pemicu satu orang alami hidung gatal serta tidak berhasil bersin ialah alergi. Karena itu, menghindarkan pemicunya dapat melepaskan Anda dari keadaan tersiksa karena tidak jadi bersin. 

Misalnya, memakai masker waktu keluar rumah atau waktu bersihkan rumah. Janganlah lupa pasang humidifier supaya udara dalam ruang masih lembap. 

3. Minum obat 

Untuk menurunkan tanda-tanda, janganlah lupa minum obat dengan teratur. Yakinkan Anda mempunyai persediaan obat sesuai dengan pendapat dokter di dalam rumah. 

Ini mempermudah Anda untuk menangani hidung gatal serta bersin-bersin karena alergi atau rhinitis alergi.