Ingin Beli Smartphone Bekas? Berikut Tips Membeli Smartphone Bekas Tanpa Rugi

Iklan Semua Halaman

Ingin Beli Smartphone Bekas? Berikut Tips Membeli Smartphone Bekas Tanpa Rugi

Selasa, 30 Juli 2019

Smartphone atau sering dikenal dengan ponsel pintar menjadi salah satu barang elektronik yang sangat sering digunakan dalam era saat ini. Dengan smartphone, Anda dapat mengakses berbagai hal dengan mudah. Penggunaan Smartphone yang cukup tinggi ini tidak mengherankan membuat produsen untuk menjual smartphone canggih dengan model keren. Tidak hanya smartphone baru saja tetapi juga sudah tersedia jual beli smartphone bekas. Namun pastikan Anda tahu tips membeli smartphone bekas agar tidak salah memilih. 

Dalam hitungan bulan, pasar gadget biasanya mengeluarkan model-model smartphone terbaru dengan spesifikasi canggih untuk menarik perhatian konsumen. Bagi Anda yang merupakan pecinta gadget tentunya tidak segan untuk mengeluarkan budget lebih untuk mengikuti tren smartphone terbaru agar dapat memenuhi hasrat atau rasa penasaran Anda mencoba spesifikasi yang ditawarkan. Namun, untuk menghemat pengeluaran Anda, Anda dapat menyiasatinya dengan membeli smartphone bekas. 

Smartphone Baru atau Bekas, Pilih yang Mana? 

Jika Anda sering gonta-ganti smartphone dan mengikuti tren smartphone terbaru di pasaran, maka akan lebih menguntungkan jika membeli smartphone bekas. Hal ini dapat membuat Anda lebih menghemat pengeluaran Anda karena harga smartphone bekas lebih terjangkau dan memiliki selisih cukup besar dengan harga smartphone baru. Namun, jika Anda berencana menggunakan smartphone dalam waktu lama tanpa melakukan gonta-ganti, maka smartphone baru pilihan yang terbaik. 

Tips Beli Smartphone Bekas 

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin mencoba membeli sebuah smartphone bekas, maka tentunya Anda merasa was-was dan cukup khawatir. Namun, dengan menyimak beberapa tips membeli smartphone bekas berikut ini, maka akan membantu Anda dan tidak perlu ragu saat membeli sebuah smartphone bekas baik itu secara offline maupun online. 

1. Bandingkan dengan Harga Pasar 

Membeli sebuah smartphone bekas bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal ini dikarenakan harganya yang tidak diketahui oleh umum. Lain halnya jika membeli sebuah smartphone baru yang harganya sudah jelas. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mencari referensi harga smartphone bekas. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika membeli smartphone bekas dengan harga yang mahal dan tidak sesuai dengan harga yang pasar tawarkan. 

2. Perhatikan Cacat atau Kerusakan Smartphone 

Membeli sebuah smartphone bekas maka tantangannya terletak pada ada atau tidaknya cacat ataupun kerusakannya. Namanya barang bekas maka tentunya pasti ada celahnya baik itu sedikit. Oleh karena itu Anda harus berusaha memaklumi kekurangan dan mempertimbangkan hal ini jika ingin membeli smartphone bekas. Jika membeli melalui offline store maka Anda dapat mengeceknya secara langsung apakah memiliki cacat dan letak cacatnya dimana. 

3. Ketahuilah Waktu Penggunaan Smartphone 

Waktu penggunaan atau seberapa lama smartphone tersebut digunakan sangat perlu diketahui jika Anda berencana membeli smartphone bekas. Waktu penggunaannya ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan dan tolak ukur kualitas smartphone. Walaupun tidak sepenuhnya smartphone yang hanya digunakan beberapa bulan lebih baik dibanding smartphone yang sudah digunakan dalam selang waktu tahunan. 

4. Perhatikan Apakah Memiliki Garansi atau Tidak 

Membeli sebuah smartphone bekas maka kualitasnya tentunya sudah tidak terjamin lagi layaknya smartphone baru. Hal ini menjadi salah satu risiko saat membeli sebuah smartphone bekas. Tetapi Anda dapat mengecek apakah smartphone yang dibeli memiliki garansi atau tidak untuk jaga-jaga jika terjadi kerusakan pada smartphone yang Anda beli nantinya. 

Itulah beberapa tips membeli smartphone bekas yang wajib untuk Anda ketahui terutama jika berencana membeli smartphone bekas agar tidak merasa rugi atau menyesal kemudian. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!