Beberapa Penyebab Bayi Terlihat Kuning

Iklan Semua Halaman

Beberapa Penyebab Bayi Terlihat Kuning

Minggu, 29 September 2019

Setiap bayi yang baru lahir tentu akan membawa gen yang berasal dari kedua orang tuanya. Gen tersebut dapat berupa bentuk fisik, sifat sampai warna kulit yang mengikuti kedua orang tuanya. Akan tetapi, beberapa bayi memiliki warna kulit yang tidak sama seperti orang tuanya dan justru cenderung berwarna kekuningan. 

Warna kulit bayi yang terlihat kekuningan bukanlah hal yang normal dan Anda perlu mewaspadainya. Karena, kondisi tersebut disebabkan oleh kandungan bilirubin yang sangat tinggi di dalam darahnya. Kandungan bilirubin yang sangat tinggi membuat anak Anda akan memiliki kulit yang cenderung kuning dan jika dibiarkan begitu saja bisa berdampak pada kerusakan otak. Tapi, mengapa bayi bisa memiliki kulit yang lebih kuning? Berikut ini beberapa penyebab bayi kuning yang perlu Anda ketahui. 

Prematur 

Kondisi bayi yang lahir secara prematur jelas bukanlah merupakan kondisi yang ideal. Karena, bayi yang lahir secara prematur belum sepenuhnya matang dan siap untuk keluar dari dalam rahim. Selain itu, bayi yang lahir secara prematur atau sebelum berusia 37 tahun akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang terlambat. Salah satu gejala penyakit yang seringkali dialami oleh anak prematur yakni kondisi kulit yang kuning dan Anda perlu mewaspadai hal yang satu ini. 

Kurangnya ASI Eksklusif 

Saat baru lahir, asupan gizi terbaik yang bisa diberikan sang ibu kepada anaknya adalah ASI atau Air Susu Ibu. Pemberian ASI sangatlah baik untuk bayi Anda karena dapat membantu menjaga proses tumbuh kembangnya sekaligus membantu proses pembentukan daya tahan tubuhnya. Kurangnya ASI eksklusif saat bayi masih kecil dapat berdampak pada kulit yang menjadi kuning sehingga Anda perlu memberikan ASI Eksklusif secara cukup karena merupakan salah satu cara untuk mengatasi bayi kuning secara alami. 

Memiliki masalah pada organ hati 

Apabila bayi Anda tidak lahir secara prematur dan telah diberikan ASI eksklusif namun tetap memiliki kulit yang kuning, maka bisa jadi ada masalah pada organ hatinya. Organ hati punya peran besar dalam membantu proses daya tahan tubuhnya. Ketika bayi Anda memiliki warna kulit yang cenderung kuning, maka organ hati bisa menjadi salah satu penyebabnya.